Selasa, 06 Maret 2012

Pasang Alarm Pintar BRT, Pengaman Motor Ala Mobil Mewah

                                                                             Motor baru hidup jika gantungan kunci dekat receiver yang ditaman pada rumah kunci


  Kasus curanmor tidak pernah menunjukkan grafik menurun. Selalu meningkat setiap tahunnya. Membuat banyak beredar alat pengaman yang siap pasang di motor. Mulai dari yang sistem gembok sampai alarm. Contohnya saja produk ini. 

Alarm ini tidak saja pintar, tapi juga canggih dan menarik. Ini produk terbaru dari timnya Tomy Huang yang bos Bintang Racing Team (BRT) itu. Namanya I-max Digital Smart Key (DSK).

"Kalau pakai remote biasanya ribet. Sebab remote bisa lupa dibawa atau kalau baterainya abis. Ini lebih nyaman," kata Tomy. Alarm ini hadir dengan kemampuan mengatasi masalah tadi. Sistem yang diterpakan seperti keyless entry.

DSK menggunakan teknologi canggih dengan sitem pengamanan berbasis RF-ID (Radio Frequency-Identification) atau dalam bahasa simpel lebih dikenal dengan nama immobilizer. Teknologi seperti ini sudah banyak dipakai di mobil keluaran terbaru dan canggih.

Bisa dikatakan saat ini DSK adalah yang pertama buat motor dengan teknologi immobilizer tadi. Dirancang dari beberapa bagian yang didesain compact dan tahan benturan serta guncangan. 

Bagian yang pertama Smart Coin atau koin pintar. Smart Coin adalah pemancar kode keamanan yang telah dikombinasikan dan tidak dapat dilacak. Koin ini akan memberikan pancaran kode  akses agar motor dapat dihidupkan.

Smart Coin tidak menggunakan baterai dan tahan air, sehingga tidak dapat rusak untuk pemakaian seumur  hidup. Smart Coin dirancang unik dan menarik untuk dijadikan gantungan kunci sehingga pencuri tidak menyadari hal itu. Ini nilai lebihnya, sekilas seperti gantungan kunci padahal fungsinya vital. Tanpa koin ini, mesin tidak akan hidup walau dijebol menggunakan kunci T.

Komponen berikutnya receiver atau penerima. Smart Receiver ini modul yang menerima kode atau sandi yang diberikan oleh koin pintar tadi untuk kemudian dilanjutkan ke modul kontrol. Receiver dirancang kompak dan harus diletakkan dekat modul kunci kontak di motor. Smart receiver ini dirancang tahan air dan tahan guncangan hingga 10G.

Rangkaian berikutnya modul kontrol. Modul kontrol dikendalikan oleh micro komputer untuk mengolah kode yang disampaikan oleh receiver. Micro komputer akan mengkonfirmasi kode yang disampaikan dan akan mengendalikan keamanan dengan menghidupkan signal pulser motor. 

"Putaran sinyal pulser akan terus dideteksi mikro komputer  sehingga smart key akan terus berfungsi pada saat motor dikendarai. Hal ini juga untuk menghindari fungsi kegagalan yang membuat motor menjadi mati mendadak saat dikendarai," beber pria berkacamata ini.

Sudah pasti paket ini juga dilengkapi wiring. "Kabel bodi ini dirancang dengan standarisasi Jepang dengan kekuatan tarik hingga 25 kgf. Kabel bodi ini dibuat sesuai model motor tanpa ada pemotongan kabel bodi orisinal, tidak akan menimbulkan risiko arus pendek atau korslet," cerita Tomy panjang lebar.

Wiring dipasang ke soket kabel kunci kontak. Kemudian disambung ke modul kontrol dan receiver. Pastikan juga penempatan kedua bagian itu juga sudah dekat kunci kontak. Setelah itu, silakan jalan. Gampang bukan? Bisa juga diintip di www.bintangracingteam.com.


Semoga Bermanfaat
accentirex.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar