Rabu, 29 Februari 2012

Accent Ogah Langsam Sering mati

          Beberapa waktu yang lalu Mobil saya Hyundai Accent X3 2001 langsamnya suka mati
mendadak padahal ketika langsam RPM normal tidak goyang atas bawah,he,he,Upps. dan Aseup knalpot normal pula. Dan sudah ke beberapa bengkel ternyata penyakitnya belum juga bisa di sembuhkan sempat pula cek up ke BERES tidak ada hasilnya.

          Malahan suatu ketika ada bngkel umum yang menyarankan saya untuk ganti ISA yang harganya lumayan sekitar 1,8jt + garansi 1 Tahun harga BERES inden 1 minggu. dan Demi kelancaran & kenyamanan mobil saya maka saya pun dengan sangat terpaksa merogoh kocek sebesar itu... Aduh jadi ga ngebul dapur neh



Dan setelah dicoba dipasangkan ternyata dengan kagetnya keluhan yang selama ini menjadi sumber masalah tetap tidak terselesaikan, mana alat itu mahal pula harganya dan tidak bisa di kembalikan, dan saya pun kecewa telah menuruti permintaan bengkel tersebut untuk ganti ISA.

          Dan dari kejadian tersebut saya lebih sering menyendiri,uppps menyendiri disini bukan menyendiri dengan hal yang negatif lo, tapi asyik menyendiri di kamar dengan laptop mencari tahu tentang permasalahan rumah berjalan ku ini lo. Dan selidik punya selidik cari tahu sana sini ternyata penyebab langsam  seperti itu bukan hanya dari ISA aja ternyata bisa dari MASS Air Flow nya yang lemah.
           Dari sana saya tidak putus asa dan mencoba-coba membuka nya walaupun saya tidak sedikitpun mengerti tentang Air Flow Tersebut. dan setelah saya coba buka dan menyentuh filamen yang di dalam air flownya itu ternyata filamen air flow tersebut dalam keadaan sedikit mau patah dan waktu itu saya coba lem sedikit pinggir filamen tersebut dengan alteco dan tunggu sampai sekitar 5 menitan agar bener-bener kering.


          Setelah 5 menit terlalui waktunyqa untuk memasangkannya kembali dan setelah saya pasangkan kembali dan menghidupkan mobil langsam sampai sekitar 20 menitan dan ternyata, Alhamdulllillah sesuatu banget mobil saya dengan seketika langsam dengan normal selama 20 menit tersebut. Biasanya sekitar 5 menitan juga langsam mobil sudah mati lagi. Dan akhirnya saya jadi enak makan enak tidur dech.. Ga sampai harus keluar duit gede lagi untuk membeli Air Flow tersebut yang setelah saya tanya harga yang Ori nya sekitar 2,8Jt..




Akhirnya setelah setelah di lem alteco tersebut sampai sekarang mobil normal di pakai luar kota terus, Sumedang, Bogor, Bandung, garut sampai macet 7 jam an dengan mesin hidup karena macet tahun baru + Banjir di daerah Cicalengka...

Semoga berguna sob 













21 komentar:

  1. MasBro...kalo cakra /accent itu ada komponen ECU juga ngga sih? trus kalo ada apa yang bisa diliat dari hasil scan ECu tersebut? posisi letak ECU nya dimana ya? Trims masBro..

    BalasHapus
  2. brarti isc aslinya gak kepake donk, kirim ke saya aja,

    BalasHapus
  3. Mas bisa gak ecu di buang saja, jjd di kontrol manual aja

    BalasHapus
  4. Q juga punya accent gk bisa langsam pdhal kmren udah gnti isc tapi msih tetep aja.mhon bantuanya bos

    BalasHapus
  5. Saya juga suda ganti isc dan Air flow tapi bunyi tetap ngak normal Rmp nya naik turun .saya syda pusing memikirkan mobil ini

    BalasHapus
  6. Itu lampu chek engine nyala nggak om pas air flownya bermasalah ?

    BalasHapus
  7. Mau nanya,mobil saya tiba2 klo SDH jalan brpa kilo,trs mati sndiri ga bisa digass, trs ntar matikan mesin,trs nyalain LG baru bsa,itu kenapa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab kemungkinan fuelpump lemah, ganti pake avanza 1500 om murah meriah..semoga membantu

      Hapus
  8. Malam mas..numpang Nanya..aq punya mobil accent jg.aq sdh gnt idle speed tpi rpmx/ lansamx msih naik turun dan di spedo meterx nyala tertulis check engine..itu pengaruh apa yach sob..mohon pendapatx sob

    BalasHapus
  9. Lampu chek enginex hidup trus mbilq dn rpm gasx naik turun sob..tolong infonya donk apax yg prlu di ganti itu sob..

    BalasHapus
  10. Accent 2003 Sudah diganti sistim karburator. Ada bunyi keras suara disekitaran karbu menjerit... Kayak siulan atau tiupan nya ring. Mohon petunjuknya. Kira kira bunyi terse but sekitar an apa. Mohon petunjuk yang kebih tahu. Trims

    BalasHapus
  11. Om mau tanya dong...mobil hiunday accent sy mesin mati2 dan buat jalan ndut2an..apanya y om..trmksih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek fuelpum, ganti filter bensin, sama sensor CKP , koil ,kabel busi ,busi nya itu aja accent om

      Hapus
  12. Numpan tanya saya punya mobil yhundai accenk kalu maju mati dan tidak mau digas tapi kalu mundur tidak mati.

    BalasHapus