Rabu, 29 Februari 2012

Usir Ngorok AC Mobil Korea

Tips Mobil

Solusi Usir Ngorok Pada AC Mobil Korea

Problem AC mengeluarkan bunyi seperti suara orang ngorok, rupanya sudah banyak dikeluhkan oleh pemilik mobil asal Korea Selatan. "Masalah ini banyak terjadi pada varian Hyundai seperti Avega (model lama), Atoz, Accent dan Elantra. Bunyi AC ngorok ini muncul saat umur pemakaian kendaraan masuk tahun ke-2," 

Pembesut Hyundai Accent M/T tahun 2001 menuturkan kalau untuk melakukan perbaikan pada AC mobil Korea, lebih sulit ketimbang memperbaiki sistem pendingin kabin mobil Jepang.

Terlebih masalah ini dipicu dari kompresor yang sudah apkir lantaran pemakaian.



Pasalnya, "Untuk memperbaiki jeroan kompresor standar mobil Korea tergolong sulit, karena spareparts-nya sangat jarang di pasaran,

Suara ngorok dari kompresor tadi disebabkan dari:
1. Piston yang sudah oblak, pemicu awal, 
2. Akibat kotoran di dalam kondensor menyumbat di salah satu lubang pipa kondensornya.  
    Efeknya membuat kerja piston lebih berat, dan kelamaan pistonnya bisa oblak yang akan 
    menimbulkan bunyi seperti suara orang ngorok tadi,

Solusinya, dengan mensubstitusi kompresor standar dengan komponen yang dipakai pada kebanyakan mobil Jepang. "Pakai produk Denso dengan ukuran bodi 15A atau 17A sesuai standarnya (Gbr.1)," 

Kemudian, mengganti pula kondensor dengan model sirip lebar (Gbr.2). Sebab kondensor bawaan mobil Korea umumnya hanya dibekali model sirip kecil (Gbr.3), yang memungkinkan penyumbatan mudah terjadi pada slang di bagian dalam kondensor.

Sedangkan slang pengubung juga mesti diganti. "Untuk menyesuaikan dengan kompresor dan kondensor yang baru.

Hasilnya, "Pendinginan kabin lebih mantap tapi perlu jeda beberapa detik lebih lama, untuk mendapatkan hawa dingin yang optimal (Gbr.4),"

Semoga Membantu

1 komentar: