Rabu, 07 Maret 2012

Karburator Shogun SP Jadi Rebutan Di Balap Liar

Bagi penggila korek jalanan, karburator Suzuki Shogun SP punya daya tarik tersendiri. Setidaknya itu menurut Cheppy Sugiarto, mekanik tim Suzuki AHRS Cargloss, ada tiga kelebihannya.

 Venturi bisa direamer sampai 26mm(kiri). Pompa injeksi di bodi bikin karbu Shogun SP diminati(kanan).

Pertama, ada semacam pompa tambahan di bodi karbu. Berfungsi menambah suplai bahan bakar. “Kerjanya secara mekanis. Berfungsi setelah slongsong gas dipuntir abis. Kayak ada semacam dorongan tambahan,” bilang Cheppy mekanik yang bertubuh subur itu.

Adanya semprotan ini, bisa memberi tenaga tambahan di putaran atas. Tujuan aslinya, agar Shogun tetap irit di putaran bawah, namun bertenaga di rpm tinggi.

Kelebihan yang kedua, dinding venturi dan rumah skep karbu venturi standar 18 mm ini cukup tebal. Diameter dalamnya bisa direamer hingga ukuran luar biasa.

“Kalau reamer standar, bisa jadi 22 mm. Tapi, kalau mau ekstrem, bisa sampai 26 mm. Tapi, ada bagian dinding yang perlu ditambal lem besi,” kata Cheppy.

Jika venturi ingin diperbesar, tentu harus diikuti langkah perbesar diameter skep. Yang ini gampang buat para mekanik. Tinggal bawa ke tukang bubut, siapin deh selongsong skep yang lebih gede.

Kelebihan terakhir, menyangkut urusan dompet! “Harga resminya lumayan, bisa ditebus sekitar Rp 400.000-an. Tapi, kalau lagi untung, di pasaran bisa dapat separuh harga. Kalau, lo?



Semoga Bermanfaat
accentirex.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar