Selasa, 06 Maret 2012

Cara Setting & Ukuran Spuyer Motor


Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (B + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & lingkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

Misal:
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b'pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.
Setting Karbu:
Karbu punya 2 spuyer :
Satu buah main jet (sebagai contoh to EN125 std ukurannya 110) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran ke atas....

Satu buah pilot jet ( sebagai contoh to EN125 std ukurannya 12) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cuma efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas....
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. "Ngempos" adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. "Mberebet" adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kalo pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di putaran rendah juga maka pilot hrs turun.

Trus tuk kasus2 mainjet:
Motor dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note:
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

TABEL UKURAN SPUYER
EXTREME Pilot-Jet
1 Jupiter MX135 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
2 Jupiter-Z 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
3 Vega 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
4 Shogun 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
5 Smash 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
6 Shogun 125 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
7 Satria F-150 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
8 Scorpio 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
9 Satria 120 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
10 Thunder 125 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
11 Raider, F1Z-R 12.5, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
12 Supra 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 13
Karisma 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 14
Vario 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 15
Tiger 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 16
Ninja 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 17
NSR150-SP 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 18
RX-King 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45

Main-Jet
1Scorpio 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150
2 Jupiter-Z 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 105, 115
3 Vega 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
4 Nouvo 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
5 Shogun 110 67,5, 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
6 Smash 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
7 Shogun 125 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
8 Supra 72, 75, 78, 80, 82, 85
9 Karisma 72, 75, 78, 80, 82, 85
10 Kaze 72, 75, 78, 80, 82, 85
11 Tiger 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
12 Ninja 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
13 NSR150-SP 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
14 Jupiter MX 106, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160
15 Thunder 125 105, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160
16 Vario 110, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160, 162, 165, 168, 170
17 Satria 120 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145
18 RX-King 150, 155, 160, 165, 170, 175, 180, 190, 195, 200, 210

KitacoPilot-Jet
1 Kaze 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
2 Grand 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
3 Supra 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
4 Shogun 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30
5 Jupiter-Z 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30
6 RX-King 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 40, 42.5, 45

Main-Jet
1 Kaze 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
2 Grand 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
3 Supra 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
4 Shogun 70, 72,5, 77,5, 80, 82,5, 85, 87,5, 90, 97.5, 100, 102.5, 107,5, 110, 112.5, 115, 120, 125 5 Jupiter-Z 70, 72,5, 77,5, 80, 82,5, 85, 87,5, 90, 97.5, 100, 102.5, 107,5, 110, 112.5, 115, 120,125
6 RX-King 85, 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150, 155, 160, 165, 170, 175,



Semoga Bermanfaat
accentirex.blogspot.com

21 komentar:

  1. untuk motor cs 1 ngga ada gan???

    BalasHapus
  2. kalu supra 100 ccupesis.100 jupiter pakai karbu king ukuran pilot jet dan main jet nya berapa,ud pakai cdi brt doul bend...tks sblmnya

    BalasHapus
  3. Kalo vario ganti knalpot racing R9 ideal.a pake main dan pilot jet ukuran brp gann ??

    Mohon dibantuu :)

    BalasHapus
  4. maaf sblm'a....
    mtr sya ketika distater gak pake coke lgsg nyala...tapi gejala brebet gak ada sama skali....itu gmna sharusnya.,??.
    mtor sya Bajaj Pulsar 180 DTS-i...

    BalasHapus
  5. Brebet sy di gas gede/lg lari di atas 80km/jam brArti apa nya gay? Bls

    BalasHapus
  6. Motor tiger 2000 sy klo di gas gede/di bawa lari kencang di atas 80km/jam psti brebet tak bertenaga dan nglitik di blok atas.smentara spull,cdi,kiprop,stang seher,platuk,noken as baru brarti apa nya gay? Bls ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti main jet lebih tinggi

      Hapus
    2. kurang besar main jet nya, jd pas lg lg kebut kebanyakan angin yg masuk tp bbm nya kurang. sy jg sama pernah begitu pas sy ganti mainjet satu tingkat lebih besar brebet yg seperti kekurangan bensin jadi hilang dan di gas full sampai mentok motor terus melaju tanpa hambatan

      Hapus
    3. Min kalau dr start brebet gas GK stabil...di awal start...
      Kondisi standard...kasusnya habis ganti piston up64,50
      Noken as costum touring
      Tapi puataran atas atau pas d gas bagus aja

      Hanya pas start brebet kek kehabisan bensin...dan kek ada benturan logam

      Motor tirev...

      Bantu solusi min😁😁😁

      Hapus
    4. Pj dan mj tidak pas cari ukuran yg pas atau klau nggak mau repot beli spuyer banyak mending spuyer standart dirojok pakai kawat bekas tali kopling rojoknya bertahap sampai ketemu ukuran yg pas

      Hapus
  7. motor force1 yg sda naik cc tdk ada tp motor sy pninggalan dari almarhum ..klo buka gas ada 4 tingkat klo d gas makin tinggi d gas ,,makin ke atas,,,ini motor grastrack ,,,sy pke spuyer minyak 90 dan spuyer angin 17,5 tp klo d gas d sperti mengerok...berikan saran dlu gan ???tp klo soal lari motor mantap cman mengerok d gas awal klo rendah gas

    BalasHapus
  8. MANTAP GAN, sekedar info aja biat teman teman yang suka dengan otomotif bisa main main ke oto jumbo untuk belajar cara setel karbu grand dan lain lain.terimakasih

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Bang numpang nanya saya make vega r pas di rpm tinggi sering brebet saya pakai kenalpot boboka kenapa ya

    BalasHapus
  11. Mio sporty lawas, biar irit ganti MJ n PJ punya Kaze sama kharisma y Om, tfs kalo gantinya tinggal pasang aja kan Om gak perlu ada yg di ubah2? Mohon pencerahannya Om, makasih

    BalasHapus
  12. Pj yg sama buat pe 24 apa ya ? Yg ukuran 40?

    BalasHapus
  13. Min mau tanya nih,motor saya gl pro nyotek saya ganti bandul Tiger dan Tante kamprat saya ganti gl 120,gir timing atas gl 100 gir timing bawah gl blek enjin dan on out di remer,terus saya kasih karbu Keihin pwl 12 itu pasnya pake pilot jet dan main jet ukuran berapa ya min.

    Motor buat harian kerja.mohon solusinya

    BalasHapus
  14. Mau nanya min.
    Motor saya megapro new karbu tiger biar performanya naik dan pas di gas njengat" Harus ganti uk brpa pj mj nya yaa min..
    Terimakasih, mohon di jawab mi

    BalasHapus
  15. Motor saya mx 2006 kopling , kalo lagi buat ngebut/ nyalip langsung brebet ..mohon solusinya min , ukuruan brapa pj mj yang pas ?

    BalasHapus
  16. Mesin Megapro L70 P65. Pj 42 MJ 135 apakah sudah cukup?

    BalasHapus
  17. Klo honda win pakai karbu katisma cocoknya pj mj nya brp om?

    BalasHapus